Putri, Faradilla Amelia
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta
Didik pada Pembelajaran
Pembelajaran Tematik Terpadu
Menggunakan Model Card Sort di
Kelas IV SDN 19 Ambacang Anggang
Pasaman.
Skripsi thesis, UNP.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran tematik
terpadu masih belum optimal sehingga hasil belajar peserta didik rendah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
pembelajaran tematik terpadu dengan model Card Sort.
Penelitian ini dilaksananakan dengan model Card Sort di kelas IV
SDN 19 Ambacang Anggang Pasaman. Subjek penelitian ini adalah guru
dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 24 orang. Pendekatan yang
digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua
siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1
pertemuan. Pada setiap siklus meliputi empat tahap, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, dilihat dari
aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran siklus I memperoleh rata-rata
80,55% dengan kualifikasi B (Baik), meningkat pada siklus II menjadi
94,44% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran
aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 83,33% dengan kualifikasi B
(Baik), meningkat pada siklus II menjadi 91,66% dengan kualifikasi SB
(Sangat Baik). Pada aktivitas peserta didik siklus I diperoleh rata-rata
83,33% dengan kualifikasi B (Baik), meningkat pada siklus II menjadi
91,66% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik
siklus I diperoleh rata-rata 76,03, meningkat pada siklus II menjadi 83,33.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Card
Sort dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran
tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |