Anatasya, Dewilla (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM GEMBROT Berbasis Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_1_DEWILLA_ANATASYA_19045009_7325_2023.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PAIKEM GEMBROT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi Di SMA N 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini kuantitatif, dengan metode eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretest-Pottest Control Group Design. Dengan sampel penelitian yaitu kelas XI IPS I sebagai kelas eskperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 60 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa hasil belajar pencapaian kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86,78 sedangkan di kelas kontrol didapatkan hasil sebesar 72,78 Hasil uji t yaitu nilai thitung (6,807) > ttabel (1,672). Maka, H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PAIKEM GEMBROT berbasis media ular tangga terhadap hasil belajar siswa pada mata peajaran geografi kelas XI IPS SMAN 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN | ||||||||||||
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LC Special aspects of education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Arlianis | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2024 08:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jan 2024 08:08 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49370 |
Actions (login required)
View Item |