Laila, Salimatul Mardiah
(2023)
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf
Abjad Menggunakan Media Tiga Dimensi pada Anak Tunagrahita Ringan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan pada seorang anak
tunagrahita ringan kelas II di SLB Budi Karya yang belum mampu mengenal
huruf abjad secara keseluruhan. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan tes
yang dilakukan didapatkan hasil bahwa anak membutuhkan media tiga dimensi
untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak. Media tiga
dimensi merupakan media yang dirancang berbentuk kotak yang diatasnya
terdapat magnet untuk menempelkan huruf abjad secara satu persatu yang terdapat
didalam kotak tersebut dan diambil melalui lubang yang ada di bagian depan
kotak tersebut. Media tiga dimensi ini termasuk kedalam media tiga dimensi
model kerja berbentuk kotak. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
apakah kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad dapat meningkat melalui
media tiga dimensi pada anak tunagrahita ringan di kelas II SLB Budi Karya
Kabupaten 50 Kota.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Single
Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A dimana subjek pada penelitian ini
yaitu anak tunagrahita ringan kelas II di SLB Budi Karya Kab. 50 Kota. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes lisan dan perbuatan dalam
bentuk daftar checklist dan analisis data yang digunakan yaitu analisis data visual
grafik yang terdiri dari analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Hasil penelitian yang dilakukan sebanyak 14 pertemuan terdapat hasil
yang menunjukkan pada kondisi baseline (A1) diperoleh hasil 18%, 18%, 18%,
18%. Pada kondisi intervensi terdapat hasil 24%, 47%, 53%,59%, 59%, 59%. Dan
pada kondisi baseline (A2) terdapat hasil 61%, 63%, 63%, 63%. Berdasarkan
analisis data yang dilakukan diperoleh bahwa kemampuan anak dalam mengenal
huruf abjad meningkat menggunakan media tiga dimensi.
Actions (login required)
|
View Item |