Sekarayu, Acacia Ita
(2023)
Strategi Pembelajaran PAI Berbasis
Inklusi pada Siswa Learning Disability di Kelas III SD Pembangunan Laboratorium
UNP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya nilai siswa Learning Disability
disebabkan kendalanya dalam ketidakmampuannya mengikuti pembelajaran seperti
anak normal pada umumnya. Sehingga guru PAI harus memiliki keahlian dalam
merancang pembelajaran yang menyesuaikan kebutuhan siswa dengan kondisi siswa
Learning Disability. Karena semakin baik perencanaan pembelajaran disusun dengan
baik maka kemungkinan hasil belajar siswa juga semakin baik. Penelitian ini bertujuan
(1) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru PAI dalam menghadapi sisiwa
Learning Disability di kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP, (2) Untuk
mengetahui penilaian hasil belajar siswa Learning Disability pada mata pelajaran PAI
di kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP, (3) Untuk mengetahui kendala
belajar yang dialami oleh siswa Learning Disability di kelas III SD Pembangunan
Laboratorium UNP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek
penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam kelas III di SD Pembangunan
Laboratorium UNP dan subjek penelitian pada penelitian ini adalah
pengimplementasian pembelajaran PAI berbasis inklusi pada siswa Learning
Disability di kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP. Kemudian data yang
didapat dari hasil observasi, wawancara dengan informan, dan dokumentasi untuk
melihat fenomena yang terjadi di lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi yang dilakukan oleh guru PAI
dalam menghadapi siswa Learning Disability di kelas III SD Pembangunan
Laboratorium UNP yaitu dengan memperhatikan metode pembelajaran yang tepat.
Guru PAI lebih sering menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab,
karena siswa normal dan siswa Learning Disability bisa terjangkau semuanya dan
menurut guru PAI kendala siswa Learning Disability itu dalam belajar bukan dalam
hal pendengarannya. (2) Penilaian hasil belajar siswa Learning Disability pada mata
pelajaran PAI di kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP masih disamakan
dalam hal kognitif sehingga capaian hasil belajarnya rendah. Namun guru PAI tidak
hanya menilai dari hal pengetahuannya saja tetapi dari sikap dan keterampilannya juga.
Disetiap pertemuan guru PAI memberikan latihan soal pada siswa dan tidak semua
siswa Learning Disability bisa mengerjakan latihan soal karena kendala mereka dalam
baca tulis sehingga memerlukan waktu yang lama dalam menjawab 1 soal saja. Selain
itu ada juga siswa Learning Disability yang sama sekali tidak mengerjakan soal latihan
yang diberikan oleh guru PAI. (3) Kendala belajar yang dialami oleh siswa Learning
Disability yaitu sulit dalam hal baca dan tulis, selain itu siswa Learning Disability tak
jarang juga menunjukkan kelainan sikap seperti mudah menangis, ketakutan, dan sulit
fokus dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga sebaiknya guru PAI juga melakukan
pendekatan secara individu untuk dapat memberikan motivasi dan mendampingi siswa berkebutuhan khusus Learning Disability di dalam kelas saat pembelajaran
berlangsung.
Actions (login required)
|
View Item |