Rahmadani, Vitrah
(2022)
Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Inkuiri pada Materi Pengelolaan Zakat Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas X di SMA N 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pokok permasalahan yang ditemukan di SMAN 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok adalah keterbatasan sumber belajar yang digunakan peserta didik untuk memahami materi pengelolaan zakat mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelasX SMAN 1 Pantai Cermin yang diajarkan oleh guru. Sumber belajar yang ada berupa buku paket PAI dan Budi Pekerti yang belum sepenuhnya dapat menunjang peserta didik untuk memahami materi pengelolaan zakat. Untuk itu penelitian ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran berbasis inkuiri pada materi pengelolaan zakat untuk peserta didik kelas X SMA/MA serta menentukan tingkat validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari modul yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reserarchand Development) sedangkan model yang digunakan adalah model4-D, yang terdiri dari empat tahapan, yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan diseseminate (penyebaran). Namun pada prosedur penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop (pengembangan). Subjek penelitian terdiri dari tiga orang dosen sebagai validator, guru PAI & Budi Pekerti serta 35 orang peserta didik kelasX SMA. Instru menpengumpulan data yang digunakan berupa lembar validitas, praktikalitas dan efektivitas. Hasilnya menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis inkuiri pada materi pengelolaan zakat untuk peserta didik kelas SMA/MA dinyatakan layak setelahdi validasi oleh tiga orang validator dengan persentase sebesar 86,66% dengan kategorisangat valid, Hasil uji praktikalitas melalui angket praktikalitas oleh guru diperoleh persentase sebesar 91,66% dengan kategori sangat praktikalitas, sedangkan dari angket praktikalitas oleh peserta didik diperoleh pesrsentase sebesar 83,6% dikategorikan sangat praktis. Hasil uji efektivitas melalui angket efektivitas serta hasil belajar peserta didik setelah menggunakan modul pembelajaran berbasis inkuiri. Melalui angket efektivitas diperoleh persentase sebesar 84,17% yang dikategorikan sangat efektif, sedangkan dari hasil belajar yang diujikan melalui tes dengan jumlah soal 25 butir terlihat bahwa sebanyak 34 dari 35 orang peserta didik tuntas pada tes tersebut.
Actions (login required)
|
View Item |