Amalia, Endang
(2022)
Pengaruh Pemahaman Ilmu Tajwid terhadap Kemampuan Membaca Al-qurán Siswa SMP Negeri 15 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada Rassulullah SAW. Al-Qur'an dijadikan sebagai pedoman umat Islam dalam menata dan melaksanakan kehidupan didunia maupun diakhirat. Ilmu tajwid yaitu ilmu yang digunakan untuk membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu "apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa SMP Negeri1 5 Padang?".
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ilmu tajwid siswa SMP Negeri Padang, untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur'an siswa SMP Negeri 15 Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian dari peserta didik yang menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 87 orang siswa. Hasil penelitian, berdasarkan penelitian yang diperoleh melalui metode tes tertulis untuk memperoleh data variabel X yaitu pemahaman ilmu tajwid berada dalam kategori baik dibuktikan dengan 45% siswa berada pada kategori kuat. dan metode tes lisan untuk memperoleh data variabel Y yaitu kemampuan membaca Al• Qur'an siswa SMP Negeri 15 Padang berada dalam kategori baik dibuktikan dengan 45% siswa berada pada kategori kuat. Dan terdapat pengaruh antara pemahaman ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa SMP Negeri 15 Padang dengan uji Rsquare sebesar 0,498 (49,8%) yang menunjukkan bahwa variabel independent memiliki pengaruh terhadap variabel dependen.
Actions (login required)
|
View Item |