Putri, Wike Nilanda
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam
Pembelajaran Tematik Terpadu dengan
menggunakan Model Pembelajaran The Power
of Two di Kelas V SDN 21 Payakumbuh.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya rencana
pembelajaran yang dirancang guru, proses pembelajaran yang dilakukan guru, dan
hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Hal ini dapat dilihat bahwa guru
hanya menggunakan metode ceramah pada proses belajar mengaar berlangsung:,
proses pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga peserta didik hanya
menjadi pendengar, kerjasama antara peserta didik kurang terlihat dalam
pembelajaran karena tidak diarahkan guru untuk membentuk kelompok saat
pembelajaran berlangsung dan interaksi guru hanya terjalin dengan sebagian
peserta didik yang ada di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada Pembelajaran
Tematik Terpadu dengan menggunakan Model The Power of Two di Kelas V
SDN 21 Payakumbuh.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan
dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data
penelitian diperoleh berkaitan dengan hasil perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi menggunakan model The Power of Two. Teknik
pengumpulan data adalah observsi, tes dan non tes. Subjek penelitian adalah guru
dan peserta didik kelas V SDN 21 Payakumbuh yang berjumlah 20 orang.
Hasil penelitian menunjukkan: Penilaian RPP siklus I 79,16% (Baik), dan
meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (Sangat Baik). Penilaian aspek guru
siklus I adalah 78,12% (Baik), dan meningkat pada siklus II menjadi 90,62%
(Sangat Baik). Penilaian aspek peserta didik siklus I diperoleh 75% (Cukup),
meningkat pada siklus II menjadi 90,62% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta
didik dan pada siklus I adalah 75,96 (Baik) dan meningkat pada siklus II yaitu
diperoleh nilai rata-rata 85,95 (Baik). Maka dapat disimpulkan bahwa model The
Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran
tematik terpadu di kelas V SDN 21 Payakumbuh.
Actions (login required)
|
View Item |