Putri, Yuri Yuliajati
(2022)
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Gugus I Kecamatan IV Jurai.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran yang belum menggunakan
model pembelajaran inovatif sehingga peserta didik kurang aktif dalam
pembelajaran, belum maksimalnya kerja sama antar peserta didik dalam memahami
materi pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik terpadu masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
seberapa besar pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Gugus I
Kecamatan IV Jurai.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi ekperimental
design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini
adalah seluruh peserta didik kelas V Gugus I Kecamatan IV Jurai. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sehingga didapatkan kelas V
A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata posstest di kelas eksperimen
lebih tinggi yaitu sebesar 86 dibandingkan kelas kontrol sebesar 63,3. Setelah
dilakukan pengujian hipotesis diperoleh t
hitung
=
2,434 sedangkan t
tabel
pada taraf
kepercayaan 95% (
Actions (login required)
|
View Item |