Pengaruh Metode SQ3R dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme Kelas V di SDN 61 Payakumbuh

Fadila, Tazkiya Indah (2022) Pengaruh Metode SQ3R dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme Kelas V di SDN 61 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_TAZKIYA_INDAH_FADILA_18003166_5443_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kegiatan membaca sangat berperan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan alat komunikasi bagi kehidupan manusia, selain itu juga bertujuan untuk mencari dan memperoleh informasi, termasuk isinya dan memahami makna bacaan. Untuk mencapai tujuan di atas maka diperlukan keterampilan membaca pemahaman. Membaca pemahaman bertujuan untuk memperoleh informasi dari suatu bacaan secara menyeluruh agar pembaca mampu menghubungkan informasi yang dimiliki dengan informasi yang baru diketahuinya, oleh karena itu membaca pemahaman harus diajarkan kepada setiap anak. Namun tidak semua anak dapat memahami isi bacaan dengan mudah, salah satunya anak dengan gangguan spektrum autisme karena anak menghadapi hambatan kognitif yang mencegah mereka memahami isi bacaan sehingga mereka hanya fokus pada menghafal kalimat dengan benar saat membaca, namun tidak memahami arti dari bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bagi anak dengan gangguan spektrum autisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR), dengan desain A-B-A yang merupakan pengembangan dari desain A-B. Penelitian ini menggunakan desain A-B-A karena penelitian ini ingin melihat apakah ketika anak tidak diberikan intervensi lagi akan berdampak kepada keterampilan membaca pemahamannya. Penelitian ini menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi yang digambarkan dalam bentuk tabel dan gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman anak dengan gangguan spektrum autisme kelas 5 di SDN 61 Payakumbuh memperoleh kenaikan, ini dapat dibuktikan dari kecenderungan stabilitas pada mean level A1 yakni 43%. Lalu terjadi kenaikan saat diberikan intervensi (B) yang mana mean levelnya 70% dan setelah diberikan intervensi yaitu kondisi A2 mean levelnya 72%. Sehingga dapat disimpulkan metode SQ3R berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman anak dengan gangguan spektrum autisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorSilvia, RahmatriUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:37
Last Modified: 20 Jan 2023 03:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41902

Actions (login required)

View Item View Item