Indriani, Zulfira
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model
Learning Cycle (LC) di Kelas IV SD Negeri 19
Ambacang Anggang Kabupaten Pasaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik
hal ini disebabkan guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif yang
dapat menarik perhatian peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan
model Learning Cycle (LC) di kelas IV SD Negeri 19 Ambacang Anggang
Kabupaten Pasaman.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua
siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan.
Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik
kelas IV SD Negeri 19 Ambacang Anggang dengan jumlah peserta didik 24
orang, 13 peserta didik perempuan dan 11 peserta didik laki – laki. Teknik
pengumpulan data berupa observasi, tes, dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan
rata – rata 82% (baik), dan siklus II 94% (sangat baik), b) pelaksanaan pada aspek
guru siklus I dengan rata – rata 84% (baik) dan siklus II 97% (sangat baik), dan
pada aspek peserta didik siklus I dengan rata – rata 84% (baik) dan siklus II 97%
(sangat baik), c) Hasil belajar peserta didik siklus I dengan rata – rata 74% (cukup
dan siklus II 91% (sangat baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunakan model Learning Cycle dapat meningkatkan hasil
belajar tematik terpadu pada peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |