Rahmawati, Vezi
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Seintifik di
Kelas III SDN 24 Parupuk Tabing Padang Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang
masihrendah, hal ini terlihat pada proses pelaksanaan guru lebih dominan
memberikaninformasi materi pelajaran sehingga peserta didik kurang aktif dan
hanyamendengarkan apa yang disampaikan guru, guru belum mengembangkan
modelpembelajaran yang bervariasi yang mengakibatkan peserta didik kurang
berminatmengindentifikasi masalah dan kurangnya keberanian peserta didik
untukmengemukakan pendapat, sehingga hasil belajar peserta didik rendah.
Tujuanpenelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta
didik padapembelajaran tematik terpadu menggunakan pendekatan seintifikdi
kelas III SDN 24 Parupuk Tabing.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan
menggunakanpendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan
dalam 4 tahapyaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Dilaksanakan dalam duasiklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan
siklus II terdiri dari 1xpertemuan. Data dari penelitian diperoleh dari penelitian
Rencana PelaksanaanPembelajaran, Proses Pelaksanaan, dan Hasil belajar. Subjek
penelitian ini adalahguru dan peserta didik kelas III SDN 24 Parupuk Tabingyang
berjumlah 26 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 11 orang perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a)RPP pada
siklusI memperoleh rata-rata 81,94 % baik(B) dan meningkat padasiklus II
memperoleh persentase 91,66% (SB),b)aktivitas guru pada siklus I memperoleh
rata-rata 83,93% baik (B) dan meningkat pada siklus II memperoleh persentase
92,85% sangat baik (SB), c)aktivitas peserta didik siklus I memperoleh ratarata82,14%dengan
kualifikasi baik(B) dan meningkat pada siklus II
memperolehpersentase 96,42% sangat baik (SB), dan d)hasil belajar pesertadidik
pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 73,8dengan predikat cukup(C) danmeningkat
pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 86.60 sangat baik (SB).Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa pendekatan seintifik dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik pada pembelajarantematik terpadu di kelas III SDN 24 Parupuk
Tabing Padang Barat.
Actions (login required)
|
View Item |