Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Gender untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar

Junita, Meili (2022) Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Gender untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MEILI_JUNITA_17124102_3049_2022.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada rendahnya kemampuan representasi matematis siswa SDN Gugus I Kecamatan Payakumbuh Barat. Sementara itu, kemampuan representasi matematis memiliki peranan penting dalam membantu siswa memecahkan masalah matematis. Siswa yang memiliki kemampuan representasi yang baik maka akan baik pula dalam memecahkan masalah matematis. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pendekatan open ended. Penelitian ini juga melihat apakah gender berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus I Kecamatan Payakumbuh Barat. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas Va dan Vb SDN 28 Payakumbuh kecamatan Payakumbuh Barat. Data penelitian diperoleh dari hasil tes. Analisis data menggunakan uji anova dua arah. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan open ended lebih baik dari yang menggunakan pendekatan konvensional. 2) Kemampuan representasi matematis siswa laki-laki tidak lebih baik dari siswa perempuan. 3) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan gender dalam mempengaruhi kemampuan representasi matematis siswa sekolah dasar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:22
Last Modified: 24 Oct 2022 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40528

Actions (login required)

View Item View Item