Hubungan Locus of Control dengan Stres Akademik Siswa SMA Negeri 7 Padang

Lismatusadiah, Lismatusadiah (2021) Hubungan Locus of Control dengan Stres Akademik Siswa SMA Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_LISMATUSA'DIAH_16006137_94_2021.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Masa remaja merupakan masa yang penuh potensi dalam menentukan keberhasilan akademik. Potensi yang dimiliki remaja membuat keluarga dan lingkungan menaruh harapan tinggi terhadap pendidikan. Pada kenyataannya dalam proses remaja menuntut ilmu terjadi stres akademik dikarenakan pelajaran tertentu dirasakan sulit, apalagi pelajaran yang diajarkan oleh pengajar yang ditakuti dan tidak disenangi serta jumlah materi pelajaran dirasakan terlalu banyak. Faktor yang mempengaruhi stres akademik adalah karakteristik kepribadian yaitu salah satunya locus of control. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai locus of control, stres akademik siswa, serta bagaimana hubungan locus of control dengan stres akademik siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan populasi sebanyak 1.085 siswa. Penarikan sampel 292 siswa dengan menggunakan rumus slovin. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu Stratified Random Sampling. Instrumen pengumpulan data adalah angket stres akademik siswa yang menggunakan skala likert dan inventori locus of control yang menggunakan teknik baku yang telah diadopsi dari Bapak Dr. Marjohan M.Pd., Kons. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan untuk menguji hubungan data dianalisis mengunakan rumus Pearson Product Moment dengan program Statical Product and Service Solution (SPSS) version 20.0. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) locus of control siswa memiliki kecenderungan internal, (2) stres akademik siswa berada pada kategori sedang, (3) terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara locus of control dengan stres akademik siswa di SMA Negeri 7 Padang dengan rtabel sebesar 0,113 dan rhitung sebesar 0,224 dengan taraf signifikan 0,000. Jadi semakin rendah skor locus of control kecenderungan internal siswa maka semakin rendah stres akademiknya. Berdasarkan temuan penelitian ini, diharapkan guru BK atau konselor dapat memberikan bantuan berupa layanan-layanan Bimbingan Konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:43
Last Modified: 19 Jan 2022 03:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36317

Actions (login required)

View Item View Item