Rahmi, Nurul Aulia (2021) Analisis Hubungan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_3_NURUL_AULIA_RAHMI_19177019_19177019_2021.pdf Download (663kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan pada abad 21 berorientasi pada pengembangan strategi dan solusi untuk mengatasi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Sekolah sebagai lembaga formal merupakan sarana dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan tersebut. Masalah yang sering dihadapi dalam proses pembelajaran adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik adalah tingkat kecerdasan majemuk dan motivasi belajar. Hasil observasi di SMA Negeri di Kota Padang menunjukkan guru belum memperhatikan dan mengukur tingkat kecerdasan majemuk dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas X MIPA SMAN di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kecerdasan majemuk dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi yang telah dilakukan pada bulan April di kelas X SMA Negeri di Kota Padang tahun pelajaran 2020/2021. Sampel berjumlah 287 orang peserta didik yang tersebar di lima sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah Purposive Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian berupa angket kecerdasan majemuk dan angket motivasi belajar, soal tes hasil belajar kognitif biologi. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan korelasi Product Moment Pearson dan korelasi ganda, kemudian dilakukan uji signifikansi dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Masing-masing kecerdasan memiliki hubungan yang positif dan berarti dengan hasil belajar biologi peserta didik, kecuali kecerdasan musikalis, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan eksistensial. (2) Motivasi belajar memiliki hubungan yang positif dan berarti dengan hasil belajar biologi peserta didik. (3) Masing-masing kecerdasan majemuk dan motivasi belajar memiliki hubungan yang positif dan berarti dengan hasil belajar biologi peserta didik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2 |
Depositing User: | Arlianis |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:32 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 07:32 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34566 |
Actions (login required)
View Item |