Implementasi Nilai-Nilai Karate Membentuk Karakter Peserta Didik Ekstrakulikuler Era Pandemi Covid-19

Safmelita, Rama Shinta (2021) Implementasi Nilai-Nilai Karate Membentuk Karakter Peserta Didik Ekstrakulikuler Era Pandemi Covid-19. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RAMA_SHINTA_SAFMELITA_19199080_1667_2021.pdf

Download (651kB) | Preview

Abstract

Problematika penelitian ini didasari oleh nilai-nilai karakter yang belum sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti di masa Covid-19 yaitu sikap rendah hati yang tidak nampak, dan bersikap egois, anak kurang terbuka dengan pelatih, tidak tepat waktu datang ke tempat latihan dan juga saat ditegur jika salah selalu menunjkkan muka marah. Tesis ini diharapkan memberikan kontribusi yang positif terhadap pembentukkan karakter Era Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data hasil penelitian menggunakan metode trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Karakter karate berhasil didapatkan anak melalui proses upacara, hukuman & keteladanan, latihan sambil bermain yang diterapkan di Era Pandemi Covid-19. 1) Kepribadian anak menjadi lebih baik, ramah dan senang bersosialisasi serta mengikuti peraturan yang dibuat oleh pelatih pada Era Covid-19 memakai masker. 2) Anak menjadi lebih jujur, berkata jujur jika tidak bisa melakukan gerakan yang diberikan pelatih dan pada masa pandemi Covid-19 kejujuran anak terlihat berkata jujur belum mencuci tangan. 3) Daya juang anak lebih baik dari sebelumnya, kegigihan anak baik ditempat latihan maupun dirumah, diberikan tugas ditempat latihan dengan semangat mengulangnya, Prestasi meningkat berhasil juara virtual kata pada masa Pandemi Covid-19. 4) Sanggup menjaga sopan santun dan tentunya kebanyakan bersikap sopan baik dirumah maupun di lingkungan latihan, Sesama anggota latihan dan pelatih selalu memberi hormat (Oss) walaupun tidak berjabat tangan. 5) Pengendalian diri lebih baik dari sebelumnya, tidak pernah ada laporan ada siswa yang berkelahi diluar dengan demikian berarti anak bisa mengontrol diri dari gangguan yang bisa merugikan diri sendiri dan bahkan orang lain. Dengan demikian implementasi lima nilai karate menjadikan karakter anak lebih baik dari sebelumnya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:00
Last Modified: 06 Oct 2021 04:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34349

Actions (login required)

View Item View Item