Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Pada Peserta Didik oleh Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Belajar (Studi Kasus BKB Nurul Fikri Kota Padang).

Juwita, Rahmi (2021) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Pada Peserta Didik oleh Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Belajar (Studi Kasus BKB Nurul Fikri Kota Padang). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_RAHMI_JUWITA_18161034_1443_2020.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

formal masih terabaikan sebagai salah satu sub sistem dalam dunia pendidikan. Sementara itu, salah satu lembaga non formal Bimbingan dan Konsultasi Belajar Nurul Fikri (BKB NF) merupakan lembaga bimbingan belajar yang intens melakukan penanaman nilai karakter Religius. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter religius pada peserta didik oleh lembaga bimbingan dan konsultasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling, yaitu cara pemilihan informan penelitian yang telah ada dan ditentukan kriterianya sesuai dengan permasalahan penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Model Analisis Interaktif Miles dan Huberman dengan langkah- langkah yaitu mereduksi data, mendisplay data dan penarikan kesimpulan Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan: (a) Proses penanaman nilai-nilai religius yang dikembangkan oleh lembaga melalui elemen- elemennya meliputi: (1) melalui Bimbingan Informasi Pendidikan (BIP); (2) adanya Role Model/ Ketauladanan; (3) pembiasaan norma-norma di lembaga. (b) nilai-nilai karakter Religius yang ditanamkan di BKB NF Padang berupa Aqidah, Ibdadah, Muamalah, dan Akhlak. (c) Penanaman nilai-nilai karakter religius terhadap perilaku siswa berdampak terhadap kesadaran moral (moral awareness) dan tindakan moral (moral action).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:44
Last Modified: 05 Apr 2021 00:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30705

Actions (login required)

View Item View Item