Kifli, Vira Aulia (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pecahan Siswa Kelas V SD Gugus I Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_06_VIRA_AULIA_KIFLI_16129238_3964_2020.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi dilapangan bahwa selama proses pembelajaran siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran matematika yang dominan berpusat pada guru dan dilaksanakan dengan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar pecahan siswa kelas V Gugus I Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperiment. Pengambilan data sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah The Nonequivalent Pretest-Postet Control Group Design dengan kelompok kontrol yang tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada semester I tahun ajaran 2020/2021 terdiri dari dua kelas yaitu kelas Va dan kelas Vb. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes yang berupa essay. Berdasarkan hasil analisis data t-test dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung (5,02) dan ttabel (1,68830). Sehingga thitung > ttabel dimana (5,02) > (1,68830). Hal ini membuktikan bahwa Ha diterima, yaitu adanya pengaruh positif dari penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar pecahan siswa kelas V Gugus I Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 22 Jan 2021 03:55 |
Last Modified: | 22 Jan 2021 03:55 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29462 |
Actions (login required)
View Item |