Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Bernuansa Etnomatematika untuk Kelas VIII SMP.

Rahmi, Radhiatur (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Bernuansa Etnomatematika untuk Kelas VIII SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ RADHIATUR_RAHMI_18205034_2004_2020.pdf

Download (906kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi literatur dan analisis pendahuluan yang dilakukan di sekolah SMPN 12 Padang bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterlibatan peserta didik masih rendah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik disebabkan oleh (1) Kurangnya sumber belajar, (2) Kegiatan pada RPP kurang melihatkan kegiatan yang mengarahkan peserta didik untuk aktif dan dapat menemukan sendiri konsep matematika yang dipelajari. Berdasarkan permasalahan ini maka peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) Bernuansa Etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap, yaitu preliminary investigation, prototyping stage, dan assessment phase. Pada tahap preliminary investigation dilaksanakan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis karakteristik peserta didik. Pada tahap prototyping stage dilaksanakan evaluasi formatif yang terdiri atas self-evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group, danfield test. Perangkat yang dikembangkan adalah RPP dan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) Bernuansa Etnomatematika. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 12 Padang. Data dikumpulkan dengan dokumentasi, observasi, wawancara, angket, dan tes. Data dari hasil observasi, angket dan tes dianalisis secara kuantitatif yang diperkuat dengan hasil dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif Hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKPD matematika berbasis berbasis Problem Based Learning (PBL) Bernuansa Etnomatematika untuk kelas VIII SMPN semester II yang dihasilkan memenuhi kategori valid, praktis dan efektif Valid dari aspek isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan. Praktis dari segi keterlaksanaan, waktu, kemudahan dalam pengunaan dan efektif dari segi dampak potensialnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterlibatan peserta didik peserta didik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika layak untuk dijadikan bahan rujukan dalam pembelajaran matematika khususnya materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMPN.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Nov 2020 02:45
Last Modified: 10 Nov 2020 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28760

Actions (login required)

View Item View Item