Pengembangan Permainan Scrabble Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Struktur Atom Kelas X SMA/MA.

Mustika, Diana (2019) Pengembangan Permainan Scrabble Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Struktur Atom Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_DIANA _MUSTIKA_15035003_2835_2019.pdfA.pdf

Download (632kB) | Preview

Abstract

Materi struktur atom merupakan materi yang bersifat abstrak dan berisi pengetahuan faktual, konseptual serta pengetahuan prosedural. Pada materi struktur atom ini siswa harus banyak mengulang serta mengerjakan latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang berguna sebagai media latihan yaitu berupa permainan scrabble. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research dan Development (R&D)) dengan model 4-D yaitu: (1) Define (Pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan), dan (4) Disseminate (Penyebaran). Penelitian dibatasi pada tahap pengembangan terhadap uji validitas dan praktikalitas permainan scrabble kimia yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh dua orang dosen jurusan Kimia FMIPA UNP dan dua orang guru Kimia SMA Negeri 1 Batang Anai. Penentuan tingkat praktikalitas dilakukan oleh dua orang guru Kimia SMA Negeri 1 Batang Anai dan 29 orang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batang Anai. Instrument penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan dianalisis dengan menggunakan formula Kappa Cohen. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil bahwa permainan scrabble kimia sebagai media pembelajaran pada materi struktur atom memiliki tingkat validitas yang tinggi dengan nilai momen kappa 0,80. Tingkat praktikalitas produk yang dikembangkan sangat tinggi dimana nilai momen kappa 0,89 praktikalitas oleh guru dan 0,86 praktikalitas oleh siswa. Hal ini dapat disimpulkan bahwa permainan scrabble kimia sebagai media pembelajaran pada materi struktur atom yang dikembangkan valid dan praktis. ii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jun 2020 03:17
Last Modified: 29 Jun 2020 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27440

Actions (login required)

View Item View Item