Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With A Question Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Padang.

Ahadi, Syukra Rizal (2019) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With A Question Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SYUKRA_RIZAL_AHADI_15029050_5614_2019.pdf

Download (652kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik selama proses pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII SMPN 2 Padang masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe learning start with a question. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe learning start with a question di kelas VIII SMPN 2 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experiment (pra-eksperimen) dengan rancangan penelitian one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 2 Padang dengan sampel kelas VIII 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang berbentuk soal essay. Berdasarkan hasil analisis data, dapat dilihat bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t sampel berpasangan diperoiehP-value = 0,000, karena P-value < 0,05 maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe learning start with a question di kelas VIII SMPN 2 Padang. Ini berarti strategi pembelajaran aktiftipe learning start with a question memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Selain itu strategi pembelajaran aktif tipe learning start with a question dapat meningkatkan keaktifan dalam bertanya peserta didik yang ditunjukkan saat pengerjaan LKPD pada setiap pertemuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:03
Last Modified: 27 Feb 2020 02:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25481

Actions (login required)

View Item View Item