Pengaruh Model Pembelaj aran Write Pair Share Bermuatan Literasi Sains terhadapKompetensi Belajar Peserta Didik di SMPN 1 LubukAlung.

Hartia, Dara (2019) Pengaruh Model Pembelaj aran Write Pair Share Bermuatan Literasi Sains terhadapKompetensi Belajar Peserta Didik di SMPN 1 LubukAlung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_3_DARA_HARTIA_15031099_3542_2019.docx

Download (17kB)

Abstract

Permasalahan penelitian di SMPN 1 Lubuk Alung adalah model pembelajaran yang diterapkan guru belum membuat peserta didik cukup aktif sehingga kompetensi belajar peserta didik masih rendah dari aspek pengetahuan, peserta didik kesulitan memahami konsep materi pemanasan global, serta belum menggunakan model pembelajaran bermuatan literasi sains. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran write pair share bermuatan literasi sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model write pair share bermuatan literasi sains terhadap kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik pada materi pemanasan global di SMPN 1 Lubuk Alung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 1 Lubuk Alung yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah sembilan kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan poster untuk keterampilan. Berdasarkan basil penelitian dengan menggunakan uji-t dapat disimpulkan bahwa pada kompetensi pengetahuan peserta didik nilai 1hitung 2, 73> ttabel 1,67, pada kompetensi sikap nilai 1hitung 6, 78> 1tabel 1,67, dan pada kompetensi keterampilan nilai 1hitung 4,81> 1tabel 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model write pair share bermuatan literasi sains pada materi pemanasan global berpengaruh positif meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik di SMPN 1 Lubuk Alung. Kata kunci: write pair share, literasi sains, kompetensi be/ajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Feb 2020 03:50
Last Modified: 17 Feb 2020 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25271

Actions (login required)

View Item View Item