Pengaruh Model Pembelaj aran Tipe Talking Stick Disertai Tugas Rumah Berupa Mind Map Terhadap Kompetensi Belaj ar IP A Peserta Didik Kelas VIII SMPN 12 Padang.

Fursia, Utari (2019) Pengaruh Model Pembelaj aran Tipe Talking Stick Disertai Tugas Rumah Berupa Mind Map Terhadap Kompetensi Belaj ar IP A Peserta Didik Kelas VIII SMPN 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_UTARI_FURSIA_14031108_6124_2019.pdf

Download (654kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian di SMPN 12 Padang yaitu model pembelajaran yang digunakan belum bervariasi, rendahnya kompetensi belajar peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan serta belum diterapkanya model pembelajaran yang disertai tugas rumah. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran talking stick disertai tugas rumah berupa mind map di SMPN 12 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelaj aran tipe talking stick disertai tugas rumah berupa mind map terhadap kompetensi belajar IPA peserta didik pada kelas VIII SMPN 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) yang dilaksanakan di SMPN 12 Padang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Posttest Only Design, populasi seluruh kelas VIII yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Random Sampling, yaitu sampel kelas VIII5 sebagai kelas kontrol, sedangkan VIII6 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk pengetahuan, berupa soal posttest sedangkan kompetensi keterampilan dan sikap berupa lembar observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t setelah diketahui data terdistribusi normal dan homogen. Basil penelitian menunjukkan kompetensi pengetahuan (77 ,41 ), kompetensi keterampilan (83,38), dan sikap (83,5) pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol berturut-turut 69,29;78,64; dan 81,5. Basil analisis hipotesis di ketahui bahwa thitung pada ketiga kompetensi ini lebih besar dari nilai ttabel, Basil ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan model pembelajaran tipe talking stick disertai tugas rumah berupa mind map berpengaruh positif yang berarti terhadap kompetensi belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 12 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jan 2020 06:40
Last Modified: 29 Jan 2020 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24950

Actions (login required)

View Item View Item