Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer dengan Pendekatan Chemistry Triangle untuk Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X

Sari, Anggia Wulan (2018) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer dengan Pendekatan Chemistry Triangle untuk Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ANGGIA_WULAN_SARI_14035060_3629_2018.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis komputer dengan pendekatan chemistry triangle untuk materi larutan elektrolit dan nonelektrolit terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA N 15 Padang. Jenis penelitian termasuk penelitian eksperimen dengan desain yaitu eksperimen semu. Model rancangan penelitian adalah randomized control group posttest only design. Subjek diambil dengan teknik Purposive Sampling, terpilih kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan analisis data didapatkan bahwa kedua kelas terdistribusi normal dan memiliki varians homogen maka dapat dilakukan uji-t. Hasil uji-t pada taraf nyata 0,05 didapatkan harga t hitung (3,7) > t (1,67). Hal ini menyatakan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis komputer dengan pendekatan chemistry triangle untuk materi larutan elektrolit dan nonelektrolit berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA N 15 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Jan 2020 02:52
Last Modified: 17 Jan 2020 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24683

Actions (login required)

View Item View Item