Perbandingan Hasil Belajar Matapelajaran IP A Peserta Didik yang Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing (ST) di Kelas VIII SMPN 13 Padang.

Sari, Annisa Purnama (2019) Perbandingan Hasil Belajar Matapelajaran IP A Peserta Didik yang Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Model Pembelajaran Snowball Throwing (ST) di Kelas VIII SMPN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_ANNISA_PURNAMA_SARI_15031091_2784_2019.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Suatu penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik adalah karena rendahnya minat dan motivasi peserta didik dalam proses belajar di dalam kelas serta kurangnya penerapan model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik menjadi malas dan bosan. Untuk itu, perlu dilakukan pembelajaran yang meningkatkan hasil belajar peserta didik. Suatu cara yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif yang diterapkan antara lain model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (ST). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matapelajaran IPA peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan model pembelajaran kooperatiftipe Snowball Throwing di Kelas VIII SMPN 13 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison yang telah dimodifikasi, karena tidak menggunakan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas VIII SMPN 13 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana kelas yang dipilih Kelas VIII.3 sebagai kelas ekskperimen I dengan menggunakan model pembelajaran NHT dan Kelas VIII.2 sebagai kelas ekskperimen II dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen berupa test. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji-t karena data terdistribusi normal dan memiliki varian yang homogen. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung 2.42 > ttabel 1.67, artinya hipotesis diterima. Basil belajar peserta didik juga menunjukkan kelas eksperimen I (82, 12) lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen II (77,12). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar matapelajaran IPA peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHI) dengan model pembelajaran Snowball Throwing (ST).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Nov 2019 07:34
Last Modified: 11 Nov 2019 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24055

Actions (login required)

View Item View Item