Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe PQ4R Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 1 Baso

Lestari, Ayu (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe PQ4R Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 1 Baso. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_AYU_LESTARI_15031030_2500_2019.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian di SMA Negeri 1 Baso mencakup model pembelajaran yang kurang bervariasi dan rendahnya kompetensi belajar peserta didik yang meliputi aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatiftipe PQ4R bermuatan literasi sains pada materi ekosistem di SMA Negeri 1 Baso. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaraan kooperatif tipe PQ4R bermuatan literasi sains pada materi ekosistem terhadap kompetensi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Baso. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan yaitu Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Baso yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Data penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian kompetensi pengetahuan peserta didik nilai thitung 4,09 > ttabel 1,67, dan pada kompetensi keterampilan thitung 3,55 < 1,67 ttabel· Kompetensi sikap didapatkan 86% kategori baik pada kelas eksperimen dan 58% kategori cukup pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima pada kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran kooperatif tipe PQ4R bermuatan literasi sains berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi ekosistem di SMA Negeri 1 Baso. Kata kunci: Kooperatif Tipe PQ4R, Literasi Sains, Kompetensi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Nov 2019 01:50
Last Modified: 06 Nov 2019 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23995

Actions (login required)

View Item View Item