Perbandingan Hasil Belajar IPA Siswa antara yang diberi Lembar Teka-teki Silang dan Kartu Pertanyaan dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share di SMPN 3 Padang

Tambunan, Rahmaisyah (2018) Perbandingan Hasil Belajar IPA Siswa antara yang diberi Lembar Teka-teki Silang dan Kartu Pertanyaan dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share di SMPN 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RAHMAISYAH_TAMBUNAN_1301487_4402_2018.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran IPA di SMPN 3 Padang adalah kurangnya minat dan motivasi siswa dalam pelajaran IPA dan strategi pembelajaran belum bervariasi, serta media yang digunakan belum efektif. Hal ini menyebabkan siswa kurang termotivasi dan kurang aktif dalam pembelajaran. Banyak upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, antara lain dengan memberikan media Teka-Teki Silang dan Kartu Pertanyaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di SMPN 3 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison Design. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen I diberi Teka-teki Silang dan kelas eksperimen II diberi kartu pertanyaan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif dan. Data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas yang diberi teka-teki silang lebih tinggi dari kelas yang diberi kartu pertanyaan yaitu 84,14 dan 80,97. Hasil belajar IPA peserta didik yang diberi teka-teki silang lebih baik dari pada hasil belajar IPA peserta didik yang diberi kartu pertanyaan dalam model pembelajaran think pair share di SMPN 3 Padang. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara yang diberi teka-teki silang dan kartu pertanyaan dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di SMPN 3 Padang, maka hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 23 Oct 2019 03:17
Last Modified: 23 Oct 2019 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23749

Actions (login required)

View Item View Item