Ananti, Reza (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Disertai Mind Mapping terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_01_REZA_ANANTI_1305655_3562_2018.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematika merupakan aspek dasar yang harus dimiliki oleh siswa pada pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 22 Padang masih tergolong rendah. Upaya dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif untuk memahami konsep yang dipelajari. Salah satu model pembelajarannya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai Mind Mapping. Penelitian tujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai Mind Mapping lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 22 Padang tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan static group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang tahun pelajaran 2017/2018. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, siswa kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII6 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essai untuk melihat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Analisis data dilakukan dengan uji t. Berdasarkan analisis data penelitian terlihat bahwa pada taraf nyata
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Arlianis |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 02:43 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 02:43 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23070 |
Actions (login required)
View Item |