Pengembangan Instrumen Assesmen Berbasis Literasi Sains Materi Gerak Makhluk Hidup, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Siswa Kelas VIII SMP

Sari, Annisa Duma (2018) Pengembangan Instrumen Assesmen Berbasis Literasi Sains Materi Gerak Makhluk Hidup, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_Annisa_Duma_Sari_1301439_6351_2018.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebagai salah satu mata pelajaran dalam Kurikulum 2013 menuntut pengembangan literasi sains siswa. Pengukuran literasi sains siswa Indonesia yang dilakukan PISA (Programme for International Student Assessment) masih tergolong rendah. Hal ini dapat disebabkan oleh proses dan penilaian pembelajaran IPA di sekolah. Instrumen asesmen yang digunakan saat ini didominansi oleh tingkat kognitif rendah sehingga belum mampu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen asesmen berbasis literasi sains materi gerak makhluk hidup, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk siswa kelas VIII SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tahap investigasi awal, tahap pengembangan atau tahap pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Subjek uji produk penelitian ini adalah 39 orang siswa kelas IX SMP Negeri 8 Padang. Hasil penelitian menunjukkan validitas instrumen asesmen secara logis dinyatakan sangat valid dengan rata-rata nilai validitas 86,55% dan valid menurut validitas empiris sebanyak 76,78% Hasil uji praktikalitas instrumen asesmen oleh guru memperoleh nilai 88,75% dan oleh siswa 88,94%. Reliabilitas instrumen asesmen berbasis literasi sains menunjukkan kategori sangat tinggi dengan nilai reliabilitas 0,81 untuk soal pilihan ganda dan kategori sedang 0,59 untuk soal benar-salah. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen berbasis literasi sains materi gerak makhluk hidup, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk siswa kelas VIII SMP dapat dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan reliabilitas soal pada kategori sedang sampai sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Apr 2019 06:28
Last Modified: 16 Apr 2019 06:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21807

Actions (login required)

View Item View Item