Wulandari, Ayu
(2019)
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik tentang Materi Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI di SMA Pembangunan Laboratorium UNP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terdapat dalam
proses pembelajaran biologi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP.
Permasalahan tersebut yaitu rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament
(TGT) tentang materi sistem pertahanan tubuh di SMA Pembangunan
Laboratorium UNP. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) terhadap motivasi
dan hasil belajar peserta didik tentang materi sistem pertahanan tubuh Kelas XI di
SMA Pembangunan Laboratorium UNP.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan
penelitian Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam sampel penelitian
ini adalah seluruh Kelas XI MIA SMA Pembangunan Laboratorium UNP yang
terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah dua kelas. Pengambilan
sampel dilakukan dengan menggunakan teknik saturation sampling, sehingga
semua populasi dijadikan sebagai sampel penelitian yaitu Kelas XI MIA 1 sebagai
kelas kontrol dan XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah berupa soal posttest untuk penilaian hasil belajar dan angket
untuk penilaian motivasi belajar. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan
menggunakan uji t.
Hasil uji t diketahui bahwa pada motivasi belajar t
hitung
> t
tabel
(3,28 > 1,67)
dan pada hasil belajar t
hitung
> t
tabel
(1,90 > 1,67). Hal ini menunjukkan bahwa
kedua hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan yang pertama, yaitu model
pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) berpengaruh positif
terhadap motivasi belajar peserta didik tentang materi sistem pertahanan tubuh
Kelas XI di SMA Pembangunan Laboratorium UNP dengan taraf kepercayaan
0,05. Kesimpulan kedua, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game
Tournament (TGT) berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik tentang
materi sistem pertahanan tubuh Kelas XI di SMA Pembangunan Laboratorium
UNP dengan taraf kepercayaan 0,05.
Actions (login required)
|
View Item |