Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Populer Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu

Yani, Rahma (2024) Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Populer Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_RAHMA_YANI_20016176_4157_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer pada kelas eksperimen siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer pada kelas kontrol siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain penelitian yang digunakan eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan rancangan control group pretest -posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 256 siswa yang terbagi menadi 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan simple random sampling yang mana kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.8 sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini adalah hasil dari keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dan hasil keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu tanpa menggunakan model pembelajaran atau model langsung. Data tersebut dianalisis dengan mengubah skor menjadi nilai, rata-rata hitung keterampilan,uji persyaratan analisis dan uji -t. Hasil pada penelitian ini ada tiga. Pertama, rata-rata keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu pada kelas eksperimen sebelum menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 69.53. Sedangkan ratarata keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu pada kelas eksperimen sesudahnya menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berada di kualifikasi Baik (B) 83.98. Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu (pretest) pada kelas kontrol tanpa menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan ratarata 63,41. Sedangkan nilai rata-rata keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu (posttest) pada kelas kontrol tanpa menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berada pada kualifikasi Baik (B)dengan rata-rata 77.86. Ketiga, hasil uji hipotesis data antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis data pada kelas eksperimen bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikansi 95% dan dk = (32+32)– 2 karena thitung > ttabel (5,52>1,67). Keempat, Pada uji Normalzed Gain Score (N-Gain) kelas eksperimen memiliki pengeruh lebih besar diabndingkan dengan kelas kontrol. Dengan tingkat keefektifan 47% pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol dengan tingkat keefektifan 39%. Dengan demikian penggunaan model Project Based Learning (PjBL) berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuve, Farel OlvaUNSPECIFIED
CorrectorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorUlya, Ridha HasnulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:19
Last Modified: 21 Aug 2024 08:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53460

Actions (login required)

View Item View Item