Efektivitas Media Pembelajaran Counting Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan 1-10 Bagi Anak Cerebral Palsy

Rizky, Varel Muhammad (2024) Efektivitas Media Pembelajaran Counting Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan 1-10 Bagi Anak Cerebral Palsy. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_VAREL_MUHAMMAD_RIZKY_ 20003095_814_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SD IT Permata Kita Kota Padang. Seorang peserta didik Cerebral Palsy yang masih belum maksimal dalam penjumlahan bilangan 1-10. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan 1-10 dengan menggunakan Media Pembelajaran Counting Box . Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR). Dengan desain A-B-A. Data dianalisis dengan analisis visual grafik. Teknik dalam pengumpulan data berupa tes dan alat pengumpulan data soal tes. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik cerebral palsy di Kelas II SD IT Permata Kita Padang. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi baseline (A1) yang dilakukan sebanyak tiga kali pengamatan dan memperoleh persentase stabil 27%. Pada kondisi Intervensi (B) yang dilakukan sebanyak tujuh kali pengamatan dengan memperoleh persentase stabil 90% dan pada kondisi baseline (A2) yang dilakukan sebanyak tiga kali pengamatan siswa memperoleh persentase stabil 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media pembelajaran Counting Box dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan 1-10 bagi anak Cerebral Palsy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:20
Last Modified: 07 Jun 2024 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52394

Actions (login required)

View Item View Item