Pengembangan Media Pembelajaran Video Menggunakan Aplikasi Inshot Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar

Gusninda, Fajri (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Video Menggunakan Aplikasi Inshot Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_FAJRI_GUSNINDA_18129110_466.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya media pembelajaran yang bervariasi serta tidak berbasis IT sehingga menyebabkan pembelajaran yang membosankan dan tidak menarik minat serta perhatian peserta didik. Media pembelajaran yang cenderung digunakan adalah media pembelajaran yang terbuat dari kertas dan berupa gambar yang menjadi pajangan di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video dengan menggunakan aplikasi Inshot pada pembelajaran tematik terpadu yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan pengembangn (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan dalam pengembanganya yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, dan lembar validasi ahli media. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 18 orang peserta didik kelas IV SD Negeri 02 Cacang Tinggi, Agam, dan 16 orang peserta didik kelas IV SD Negeri 16 Cacang Randah, Agam. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas 86,5% untuk materi, 90,6% untuk bahasa, dan 88% untuk media dengan kategori valid. hasil angket respon disekolah menunjukan bahwa media pembelajaran video ini sudah sangat praktis dengan hasil angket di sekolah uji coba pertama yaitu SD Negeri 02 Cacang Tinggi Kabupaten Agam menunjukan persentase kepraktisan 95,8% untuk respon guru, dan 97,45% untuk respon peserta didik. Sedangkan hasil respon guru dan peserta didik pada sekolah uji coba kedua yaitu SD Negeri 16 Cacang Randah Kabupaten Agam menunjukan persentase kepraktisan 95,8% untuk respon guru dan 96,61% untuk respon peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Video Aplikasi Inshot Pembelajaran Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:27
Last Modified: 29 Apr 2024 08:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51613

Actions (login required)

View Item View Item