Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV di SDN 20 Sitiung

Helmi, Salma Arisa (2023) Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV di SDN 20 Sitiung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_SALMA_ARISA_HELMI_19004026_8628_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 20 Sitiung Kabupaten Dharmasraya, terlihat bahwa siswa kurang memahami materi pembelajaran IPAS, hal ini disebabkan oleh media buku paket yang kurang menggambarkan materi pembelajaran dan salah satu media yang dapat membantu yaitu guru menggunakan media video pembelajaran dalam proses pembelajaran mata Pelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh dari penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 20 Sitiung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bentuk kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri 20 Sitiung yang berjumlah 62 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, yaitu seluruh peserta didik diambil sebagai sampel yakni kelas eksperimen sebanyak 31 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 80,403 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 74,67. Dari analisis uji t diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZen, ZelhendriUNSPECIFIED
CorrectorYeni J, FetriUNSPECIFIED
CorrectorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:33
Last Modified: 18 Mar 2024 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50753

Actions (login required)

View Item View Item