Pengaruh Media Wordwall Terhadap Kemampuan Mengenal Kosakata Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan.

Meriani, Feny (2024) Pengaruh Media Wordwall Terhadap Kemampuan Mengenal Kosakata Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_7_FENY_MERIANI_19022080_345_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum berkembangnya kemampuan mengenal kosakata anak dengan optimal, misalnya masih banyak anak yang kesulitan dalam merangkai huruf menjadi sebuah kata. Guru perlu mengembangkan kemampuan kosakata anak usia dini karena Bahasa merupakan tahap perkembangan yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Wordwall merupakan salah satu media yang dapat mengembangkan kemampuan mengenal kosakata anak karena selain menggunakan teknologi (laptop,hp) Wordwall juga menarik perhatian anak dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Wordwall terhadap kemampuan mengenal kosakata anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian pre- experimental design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purpose sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 126 orang anak. Sampel pada penelitian ini adalah 30 orang anak, yang terdiri dari B5 sebanyak 15 orang anak di kelas eksperimen hasil dari analisis data penelitian Berdasarkan uji normalitas diperoleh data pre-test kelas eksperimen diperoleh 0,217>0,05. Sedangkan data post-test kelas eksperimen diperoleh 0,642>0,05. Dapat disimpulkan jika nilai hasil distribusi data normal karena taraf signifikan yang di dapat >0,05. Berdasarkan uji homogenitas didapat hasil 0,791, sedangkan pada post-test adalah 0,821. Nilai signifikan tersebut menunjukkan hasil >0,05 yang berarti dapat disimpulkan bahwa data dinyatakan homogen. Berdasarkan uji hipotesis diketahui nilai signifikan adalah sebesar 0,000<0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari nilai tersebut data yang diperoleh tersebut terdapat perbedaan yang signifikan an tara pengaruh x terhadap y di kelas eksperimen. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh media wordwall terhadap kemampuan mengenal kosakata anak usia 5-6 tahun di Taman kanak-kanak negeri Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
CorrectorUtoyo, SetiyoUNSPECIFIED
CorrectorWirman, AsdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, MEDIA WORDWALL, MEDIA PENDIDIKAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:04
Last Modified: 13 Mar 2024 04:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50695

Actions (login required)

View Item View Item