Pengaruh Pembelajaran Gemetri Heorientasi Teori Van Hiele terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV SDN Gugus II Lubuk Kilangan Kota Padang

Fadhilla, Edelweissa (2023) Pengaruh Pembelajaran Gemetri Heorientasi Teori Van Hiele terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV SDN Gugus II Lubuk Kilangan Kota Padang. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
B1_06_EDELWEISSA_FADHILLA_18129169_8612_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan geometri peserta didik pada materi keliling dan luas bangun datar dikarenakan proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru sehingga menjadikan peserta didik yang monoton selama proses pembelajaran. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keatifan peserta didik. Teori yang dapat mengatasi permasalahan ini adalah teori Van Hiele, karena teori ini dapat menciptakan peserta didik yang aktif, serta penguasaan tahapanya yang sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh teori Van Hiele terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar di kelas IV SDN gugus II Lubuk Kilangan Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN gugus II Lubuk Kilangan Kota Padang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nonprobability sampling type purposive sampling dengan kelas IV A SDN 09 Bandar Buat sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B SDN 09 Bandar Buat sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu ujian tulis berbentuk soal objektif. Data dianalisis secara deskriptif yang didahului dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitan menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen adalah 80,35 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol adalah 68,82. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan uji t, bahwa thitung sebesar 2,306 dan ttabel sebesar 2,06 dengan thitung lebih besar dari ttabel (2,306 >2,06), maka dapat dikatakan bahwa Ha diterima atau H0 ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif terhadap hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran geometri berorientasi teori Van Hiele dibandingkan dengan kelas kontrol yang pembelajaranya dilaksanakan secara konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Feb 2024 14:42
Last Modified: 28 Feb 2024 14:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50578

Actions (login required)

View Item View Item