Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Menggunakan Media Tiga Dimensi pada Anak Tunagrahita Ringan

Laila, Salimatul Mardiah (2023) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Menggunakan Media Tiga Dimensi pada Anak Tunagrahita Ringan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_SALIMATUL_MARDIAH_LAILA_19003158_7381_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan pada seorang anak tunagrahita ringan kelas II di SLB Budi Karya yang belum mampu mengenal huruf abjad secara keseluruhan. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan tes yang dilakukan didapatkan hasil bahwa anak membutuhkan media tiga dimensi untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak. Media tiga dimensi merupakan media yang dirancang berbentuk kotak yang diatasnya terdapat magnet untuk menempelkan huruf abjad secara satu persatu yang terdapat didalam kotak tersebut dan diambil melalui lubang yang ada di bagian depan kotak tersebut. Media tiga dimensi ini termasuk kedalam media tiga dimensi model kerja berbentuk kotak. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad dapat meningkat melalui media tiga dimensi pada anak tunagrahita ringan di kelas II SLB Budi Karya Kabupaten 50 Kota. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A dimana subjek pada penelitian ini yaitu anak tunagrahita ringan kelas II di SLB Budi Karya Kab. 50 Kota. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes lisan dan perbuatan dalam bentuk daftar checklist dan analisis data yang digunakan yaitu analisis data visual grafik yang terdiri dari analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian yang dilakukan sebanyak 14 pertemuan terdapat hasil yang menunjukkan pada kondisi baseline (A1) diperoleh hasil 18%, 18%, 18%, 18%. Pada kondisi intervensi terdapat hasil 24%, 47%, 53%,59%, 59%, 59%. Dan pada kondisi baseline (A2) terdapat hasil 61%, 63%, 63%, 63%. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad meningkat menggunakan media tiga dimensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, MarlinaUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:40
Last Modified: 07 Dec 2023 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48830

Actions (login required)

View Item View Item