Strategi Pembelajaran PAI Berbasis Inklusi pada Siswa Learning Disability di Kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP

Sekarayu, Acacia Ita (2023) Strategi Pembelajaran PAI Berbasis Inklusi pada Siswa Learning Disability di Kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_ACACIA_ITA_SEKARAYU_19329149_5388_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya nilai siswa Learning Disability disebabkan kendalanya dalam ketidakmampuannya mengikuti pembelajaran seperti anak normal pada umumnya. Sehingga guru PAI harus memiliki keahlian dalam merancang pembelajaran yang menyesuaikan kebutuhan siswa dengan kondisi siswa Learning Disability. Karena semakin baik perencanaan pembelajaran disusun dengan baik maka kemungkinan hasil belajar siswa juga semakin baik. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru PAI dalam menghadapi sisiwa Learning Disability di kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP, (2) Untuk mengetahui penilaian hasil belajar siswa Learning Disability pada mata pelajaran PAI di kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP, (3) Untuk mengetahui kendala belajar yang dialami oleh siswa Learning Disability di kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam kelas III di SD Pembangunan Laboratorium UNP dan subjek penelitian pada penelitian ini adalah pengimplementasian pembelajaran PAI berbasis inklusi pada siswa Learning Disability di kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP. Kemudian data yang didapat dari hasil observasi, wawancara dengan informan, dan dokumentasi untuk melihat fenomena yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi yang dilakukan oleh guru PAI dalam menghadapi siswa Learning Disability di kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP yaitu dengan memperhatikan metode pembelajaran yang tepat. Guru PAI lebih sering menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab, karena siswa normal dan siswa Learning Disability bisa terjangkau semuanya dan menurut guru PAI kendala siswa Learning Disability itu dalam belajar bukan dalam hal pendengarannya. (2) Penilaian hasil belajar siswa Learning Disability pada mata pelajaran PAI di kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP masih disamakan dalam hal kognitif sehingga capaian hasil belajarnya rendah. Namun guru PAI tidak hanya menilai dari hal pengetahuannya saja tetapi dari sikap dan keterampilannya juga. Disetiap pertemuan guru PAI memberikan latihan soal pada siswa dan tidak semua siswa Learning Disability bisa mengerjakan latihan soal karena kendala mereka dalam baca tulis sehingga memerlukan waktu yang lama dalam menjawab 1 soal saja. Selain itu ada juga siswa Learning Disability yang sama sekali tidak mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru PAI. (3) Kendala belajar yang dialami oleh siswa Learning Disability yaitu sulit dalam hal baca dan tulis, selain itu siswa Learning Disability tak jarang juga menunjukkan kelainan sikap seperti mudah menangis, ketakutan, dan sulit fokus dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga sebaiknya guru PAI juga melakukan pendekatan secara individu untuk dapat memberikan motivasi dan mendampingi siswa berkebutuhan khusus Learning Disability di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSatria, RenggaUNSPECIFIED
CorrectorRahman, RiniUNSPECIFIED
CorrectorSaputra, EdiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Nov 2023 06:44
Last Modified: 14 Nov 2023 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48261

Actions (login required)

View Item View Item