Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan menggunakan Model Pembelajaran The Power of Two di Kelas V SDN 21 Payakumbuh

Putri, Wike Nilanda (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan menggunakan Model Pembelajaran The Power of Two di Kelas V SDN 21 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_WIKE_NILANDA_PUTRI_18129086_1258_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya rencana pembelajaran yang dirancang guru, proses pembelajaran yang dilakukan guru, dan hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Hal ini dapat dilihat bahwa guru hanya menggunakan metode ceramah pada proses belajar mengaar berlangsung:, proses pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga peserta didik hanya menjadi pendengar, kerjasama antara peserta didik kurang terlihat dalam pembelajaran karena tidak diarahkan guru untuk membentuk kelompok saat pembelajaran berlangsung dan interaksi guru hanya terjalin dengan sebagian peserta didik yang ada di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan menggunakan Model The Power of Two di Kelas V SDN 21 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh berkaitan dengan hasil perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi menggunakan model The Power of Two. Teknik pengumpulan data adalah observsi, tes dan non tes. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 21 Payakumbuh yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan: Penilaian RPP siklus I 79,16% (Baik), dan meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (Sangat Baik). Penilaian aspek guru siklus I adalah 78,12% (Baik), dan meningkat pada siklus II menjadi 90,62% (Sangat Baik). Penilaian aspek peserta didik siklus I diperoleh 75% (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 90,62% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik dan pada siklus I adalah 75,96 (Baik) dan meningkat pada siklus II yaitu diperoleh nilai rata-rata 85,95 (Baik). Maka dapat disimpulkan bahwa model The Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 21 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:19
Last Modified: 05 Jul 2023 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44645

Actions (login required)

View Item View Item