Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kelulusan Tes TOEFL Mahasiswa Program Studi DIII Statistika FMIPA UNP Menggunakan Analisis Regresi Logistik.

Kharisma, Caesa Aulia (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kelulusan Tes TOEFL Mahasiswa Program Studi DIII Statistika FMIPA UNP Menggunakan Analisis Regresi Logistik. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_CAESA_AULIA_KHARISMA_16037007_1758_2021.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Bahasa Inggris merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh akademisi tingkat perguruan tinggi untuk meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing internasional maupun global. Salah satu acuan mengukur kemampuan bahasa Inggris adalah melalui Test of English as a Foreign Language (TOEFL). SkorTOEFL menjadi acuan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa saat ini. Namun tidak semua mahasiswa mampumemperoleh nilai TOEFL sebagaimana yang diharapkan. Untuk mahasiswa UNP, sebelum mengikuti ujian skripsi/tugas akhir disyaratkan lulus TOEFL dengan skor minimal 400 bagi mahasiswa diplomadansarjana. Kenyataannya skor TOEFL 400 bagi mahasiswa diploma dan sarjana masih sulit dicapai. Berdasarkan data dari UPT Bahasa UNP mahasiswa Program Studi DIII Statistika FMIPA UNP tahun masuk 2016 yang lulus tes TOEFL dengan satu kali tes memiliki persentase kurang dari 30% dan selebihnya harus meghadapi tes berkali-kali hingga mencapai nilai yang sudah ditetapkan. Beberapa faktor yang didugamempengaruhi kelulusan tes TOEFL yaitu lamanya waktu belajar, motivasi, dukungan keluarga, asal sekolah,dan nilai bahasa Inggris saat kuliah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk model regresi logistik biner dari faktor-faktor yang mempengaruhi kelulusan TOEFL, menentukan faktor-faktor apa saja yang berpengaruh signifikan, dan mengetahui nilai odds ratio variabel yang berpengaruh terhadap kelulusan TOEFL. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik biner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Diploma III Statistika tahun masuk 2016 yang pernah mengikuti tes TOEFL di UPT Bahasa UNP. Sampel penelitian ini sebesar 48 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan model regresi logistik terbaik sebagai berikut : π(x)=e^(-1,180-1,727〖 X〗_1+1,516〖 X〗_2 )/〖1+e〗^(-1,180-1,727〖 X〗_1+1,516 〖 X〗_2 ) Berdasarkan model diatas dapat diketahui bahwa faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap kelulusan TOEFL mahasiswa Program Studi Diploma III Statistika tahun masuk 2016adalah lamanya waktu belajar (X1) dan motivasi (X2). Nilai odds ratio lamanya waktu belajar adalah 0,178 artinya bahwa kecendrungan kelulusan tes TOEFL dengan lama waktu belajar >6 jam/minggu 0,178 kali lebih tinggi dibandingkan dengan yang ≤ 6jam/minggu. Nilai odds ratio tingkat motivasi adalah 4,552 artinya bahwa kecendrungan kelulusan tes TOEFL yang tingkat motivasi tinggi 4,552 kali lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat motivasi rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:30
Last Modified: 08 Sep 2021 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33515

Actions (login required)

View Item View Item