Rahmi, Chalidah (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Listrik kelas X TDTL-A di SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_CHALIDAH_RAHMI_4918_2015.pdf [thumbnail of B1_03_CHALIDAH_RAHMI_4918_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_CHALIDAH_RAHMI_4918_2015.pdf
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan pembelajaran Gambar Teknik Listrik masih terpusat pada guru, pemahaman siswa pada materi Gambar Teknik Listrik masih rendah karena banyaknya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM di SMK Negeri 1 Padang. Oleh sebab itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang mampu melibatkan siswa untuk memahami materi dengan baik agar hasil belajar Gambar Teknik Listrik meningkat. Model yang diterapkan yaitu Problem Based Instruction pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TDTL-A pada mata pelajaran Gambar Teknik Listrik di SMK Negeri 1 Padang. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Eksprimental dengan desain pretest postest one group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TDTL-A SMK Negeri 1 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015 terdiri dari 32 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar pretest dan posttest berupa soal objektif sebanyak 25 item pretest dan 26 item posttest. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Gain Score. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan rata-rata skor pretest sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction 65,75 dan rata-rata skor posttest setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction 86,50. Dari perhitungan Gain Score terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang nilai <g> adalah 0,557 kategori sedang. Hasil perhitungan Gain Score ini berkategori sedang diduga disebabkan beberapa faktor yaitu kurangnya kemampuan peneliti dalam penguasaan kelas sehingga kurang konsentrasi saat proses pembelajaran berlangsung, serta alokasi waktu yang dibutuhkan masih kurang pada proses pembelajaran Gambar Teknik Listrik di SMK Negeri 1 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem based instruction, Hasil belajar, Gambar teknik listrik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 05 May 2025 04:50 |
Last Modified: | 05 May 2025 04:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9989 |