Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Software Macromedia Director Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX SMP N 2 Batusangkar

Afrelia, Chairini (2018) Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Software Macromedia Director Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX SMP N 2 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_CHAIRINI_AFRELIA_1300184_1539_2018.pdf] Text
B1_03_CHAIRINI_AFRELIA_1300184_1539_2018.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pengembangan ini dilatar belakangi oleh kegiatan belajar siswa yang umumnya hanya mengandalkan buku cetak sebagai media pembelajaran. Hal ini membuat siswa kadang merasa bosan dan kurang tertarik dalam pembelajaran PAI terutama pada materi perkembangan islam di nusantara yang akhirnya membuat siswa kurang paham akan konsep pembelajaran yang diberikan oleh guru selain itu juga materinya yang begitu banyak akan menyebabkan kesulitan bagi guru dalam menerangkannya sedangkan waktunya tidak sebanding dengan banyaknya materi. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan produk berupa CD multimedia interaktif Pendidikan Agama Islam kelas IX SMP khususnya pada materi tentang sejarah perkembangan di nusantara yang nantinya dapat mengatasi kesulitan siswa dan membantu guru dalam pembelajaran dikelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan ini merujuk pada model prosedural Borg and Gall yang bersifat deskriptif dan disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Subjek penelitian adalah 1 orang validator materi yang merupakan guru yang mengajar rmata pelajaran PAI, 2 orang validator media yaitu dosen jurusan KTP FIP UNP, dan 28 siswa kelas IX. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Angket terbagi dua yaitu angket validitas dan angket praktikalitas. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk. Pengembangan ini telah dilakukan mulai dari analisis kurikulum yakni dengan menganalisis silabus dan RPP dan analisis kebutuhan siswa yaitu melalui observasi bahwa siswa merasa bosan dengan media konvensional oleh karena itu dikembangkanlah multimedia interaktif sebagai solusi masalah dalam pembelajaran. Kemudian dilakukan pengembangan produk dengan membuat flowchart dan merancang storyboard. Produk tersebut sudah divalidasi dan dianalisis, hasil validasi dari dua validator media diperoleh skor sebesar 4,4 dengan kategori “sangat valid”. Sedangkan hasil akhir validasi materi dari validator materi diperoleh skor 4,06 dengan kategori “sangat valid”. Sedangkan hasil uji coba terhadap siswa diperoleh skor sebesar 4,41 dengan kategori “sangatpraktis”.Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas pada produk multimedia interaktif dalam mata pelajaran PAI maka media ini layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia interaktif, Macromedia director, Pendidikan agama islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 05 May 2025 04:40
Last Modified: 05 May 2025 04:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9980

Actions (login required)

View Item
View Item