Pengaruh Penerapan Strategi Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Kelas VIII MTsN Batu Tebal

Chaerunisa, Chaerunisa (2018) Pengaruh Penerapan Strategi Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Kelas VIII MTsN Batu Tebal. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_CHAERUNISA_1300168_300_2018.pdf] Text
B1_03_CHAERUNISA_1300168_300_2018.pdf

Download (11MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MTsN Batu Tebal Kecamatan Batipuh, ditemukan fenomena bahwa siswa masih kesulitan dalam memahami materi materi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran masih dominasi oleh guru. Guru menerapkan metode yang kurang melibatkan siswa secara aktif, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA masih rendah dan belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan yaitu 75. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah menggunakan, strategi Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Strategi Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT) Terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas VIII MTsN Batu Tebal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk Quasy Ekperimen. dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan strategi Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT) pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTsN Batu Tebal. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling, kelas VIIIa sebagai eksperimen dan siswa kelas VIIIb sebagai kelas kontrol, masing- masingnya berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif sebanyak 40 butir soal dan alat pengumpul data berupa lembaran jawaban. Jenis data penelitian berupa data hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah nilai siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan T- test. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan strategi Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT) 78,62 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol 71,87. Berdasarkan perhitungan uji t (t test) diperoleh thitung 2,198 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi α 0,05 adalah 2,021. Jika dibandingkan,maka thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,198 > 2,021,terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan kata lain, penggunaan strategi Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MTsN Batu Tebal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi REACT, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 05 May 2025 04:40
Last Modified: 05 May 2025 04:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9978

Actions (login required)

View Item
View Item