Al-vidril, Anesha (2021) Struktur, Isi, dan Unsur Kebahasaan dalam Karya Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ANESHA_AL_VIDRIL_17016091_3711_2021.pdf [thumbnail of B1_01_ANESHA_AL_VIDRIL_17016091_3711_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ANESHA_AL_VIDRIL_17016091_3711_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama,
mendeskripsikan struktur teks prosedur siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Padang.
Kedua, mendeskripsikan isi dalam teks prosedur siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5
Padang. Ketiga, unsur kebahasaan teks prosedur siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5
Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
deskriptif. Data penelitian ini, yaitu struktur, isi dan unsur kebahasaan teks prosedur
siswa kelas kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Padang yang diperoleh dari 30 teks
prosedur yang ditulis oleh siswa kelas kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Padang.
Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penganalisisan data dilakukan dengan
cara mendeskripsikan data, menganalisis data, dan membahas data berdasarkan teori.
Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, dalam menulis teks prosedur, siswa kelas
XI MIPA SMA Negeri 5 Padang telah menggunakan struktur teks prosedur, yaitu
tujuan, langkah-langkah, dan penutup. Dalam teks prosedur yang telah dianalisis
ditemukan 80% sudah mengandung bagian tujuan, ditemukan 100% teks yang diteliti
sudah mencerminkan bagian langkah-langkah, dan ditemukan sebagian siswa yang
mencantumkan penutup sebanyak 53%. Kedua, dalam menulis isi teks prosedur, siswa
kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Padang telah menggunakan isi teks prosedur
berdasarkan ketiga ciri-ciri teks prosedur, yaitu berisikan langkah-langkah, sistematis
dan rinci, serta terdapat bilangan urutan. Di dalam teks prosedur yang telah dianalisis
ditemukan 100% teks yang berisikan langkah-langkah, 93% teks yang ditulis secara
sistematis dan rinci, serta 76% teks yang terdapat menuliskan berdasarkan bilangan
urutan. Ketiga, dalam menulis teks prosedur, siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5
Padang telah menggunakan ketiga unsur kebahasaan, yaitu konjungsi, jenis kalimat,
dan ejaan. Di dalam teks prosedur yang telah dianalisis ditemukan 43% kesalahan
penulisan huruf kapital, ditemukan 21% kesalahan penggunaan tanda baca, ditemukan
3% kesalahan penulisan kata depan, ditemukan 2% kesalahan penulisan partikel, dan
ditemukan 30% kesalahan penggunaan singkatan kata.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa dalam menulis teks
prosedur siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Padang lebih cenderung menggunakan
dua bagian struktur, yaitu tujuan dan langkah-langkah. Ditinjau dari segi isi teks
prosedur, siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Padang siswa sudah mampu
menuliskan isi teks prosedur dengan tepat. Hal itu terbukti dari semua teks prosedur
yang telah dianalisis, sebagian besar siswa sudah menulis teks prosedur dengan
sistematis dan rinci, berisikan langkah-langkah, serta terdapat bilangan urutan.
Berdasarkan unsur kebahasaan siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Padang telah
mampu menggunakan unsur kebahasaan teks prosedur dengan tepat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 01:59 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 01:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/996 |