Puspita, Renny (2022) Pengembangan Modul Memasuki Perguruan Tinggi Menggunakan Pendekatan Trait and Factor. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_RENNY_PUSPITA_19151049_5957_2023.pdf [thumbnail of B1_01_RENNY_PUSPITA_19151049_5957_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_RENNY_PUSPITA_19151049_5957_2023.pdf
Download (521kB)
Abstract
Pada dasarnya tujuan adanya teori karier adalah agar individu dapat memiliki karier yang membahagiakan. Karier peserta didik bisa dikatakan mantap apabila memiliki perencanaan dalam hal pemahaman diri, pemahaman lingkungan,
perumusan pilihan, dan perumusan rencana tindakan melalui rencana pendidikan lanjutan. Pada kenyataannya, peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) belum mampu merencanakan karier dan memiliki masalah terkait dengan karier. Pengetahuan peserta didik SMA mengenai dunia perguruan tinggi masih rendah, peserta didik kelas XI dan XII merasa ragu dalam menetapkan pilihan studi lanjut. Terdapat peserta didik yang jurusannya tidak sesuai dengan minatnya. Melalui
modul bimbingan karier peserta didik diharapkan dapat mempersiapkan dan memantapkan orientasi kariernya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan modul memasuki perguruan tinggi menggunakan pendekatan Trait and Factor
yang valid, (2) menghasilkan modul memasuki perguruan tinggi menggunakan pendekatan Trait and Factor yang praktis digunakan dan (3) menghasilkan modul memasuki perguruan tinggi menggunakan pendekatan Trait and Factor yang efektif.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiri dari 3 orang
ahli untuk menguji validitas modul, 3 orang guru BK/Konselor untuk menguji praktikalitas modul dan 35 siswa untuk menguji keefektifan modul. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul memasuki perguruan tinggi menggunakan pendekatan Trait and Factor berada pada kategori valid, (2) tingkat praktikalitas modul memasuki perguruan tinggi menggunakan pendekatan Trait and Factor yang dikembangkan berada pada kategori sangat tinggi untuk
digunakan oleh guru BK/Konselor dan siswa, (3) modul memasuki perguruan tinggi menggunakan pendekatan Trait and Factor efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam memasuki perguruan tinggi. Dengan demikian, modul yang dikembangkan valid, praktis dan efektif serta dapat dimanfaatkan guru BK/Konselor untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis perguruan tinggi yang akan dimasuki. Penggunaan modul ini di sekolah lain perlu penyesuaian dengan kondisi sekolah masing-masing.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembanngan Modul |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 05 May 2025 04:03 |
Last Modified: | 05 May 2025 04:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9947 |