Penerapan RPP oleh Guru Sosiologi SMA Negeri 1 Pariangan Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar.

Elvionita, Ade (2013) Penerapan RPP oleh Guru Sosiologi SMA Negeri 1 Pariangan Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ADE_ELVIONITA_05749_2940_2013.pdf] Text
B1_4_ADE_ELVIONITA_05749_2940_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi beberapa fenomena yang ditemukan pada penerapan perangkat pembelajaran dalam pembelajaran. Berkaitan dengan peranan RPP sebagai pedoman dan acuan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Seharusnya apa yang telah dirancang di dalam RPP dapat diterapkan dalam pembelajaran dan dapat dijadikan pedoman dalam melaksanakan pembelajaran. Kenyataan yang ditemukan dilapangan, pelaksanaan kegiatan pembelajaran di dalam kelas tidak sesuai dengan RPP yang dirancang. Oleh karena itu, peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian dalam rangka mendapatkan suatu gambaran tentang penerapan RPP di dalam kegiatan pembelajaran serta megetahui penyebab tidak terlaksananya kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dirancang oleh guru sosiologi di SMA Negeri 1 Pariangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tipe evaluatif, untuk pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling dengan informan kepala sekolah, wakil kurikulum, guru sosiologi dan siswa-siswi SMA Negeri 1 Pariangan. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumen, observasi, dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan triangulasi data. Analisis data penelitian dilakukan menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Milless dan Hubberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di dalam kelas tidak sesuai dengan RPP yang dirancang. Kegiatan pembelajaran yang tidak disesuaikan dengan RPP yang telah dirancang adalah kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam mengelaborasi kegiatan pembelajaran kegiatan yang tidak diterapkan dalam pembelajaran adalah metode dan media pembelajaran. Hal ini disebabkan karena guru guru kurang mampu mengaplikasikan komputer dan terganggunya jadwal pelajaran sehingga jadwal pelajaran menjadi terbatas. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan kepada guru agar merencakan sendiri RPP yang dimilki sesuai dengan kemampuan dan menerapkannya dalam pembelajaran di kelas. Bagi peneliti selanjutnya untuk dapat mengidentifikasi upaya-upaya guru serta lembaga terkait untuk meningkatkan penerapan RPP dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan RPP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 05 May 2025 04:02
Last Modified: 05 May 2025 04:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9941

Actions (login required)

View Item
View Item