Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Aplikasi Focusky pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP

Hasibuan, Budi Azhari Muda (2018) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Aplikasi Focusky pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_BUDI_AZHARI_MUDA_HASIBUAN_1304734_659_2018.pdf] Text
B1_03_BUDI_AZHARI_MUDA_HASIBUAN_1304734_659_2018.pdf

Download (16MB)

Abstract

Pengembangan multimedia pembelajaran ini dilakukan sebagai upaya memecahkan masalah yang dialami guru dalam proses pembelajaran. Melalui penggunaan multimedia pembelajaran berbasis aplikasi focusky ini dapat membantu guru untuk menghasilkan pembelajaran yang menarik bagi siswa. Peneltian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pada mata pelajaran IPA kelas VII, serta mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas dari produk multimedia pembelajaran yang dikembangkan sehingga valid, praktis dan efektif digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pengembangan Produk Awal, (3) Validasi Produk,(4) Uji Coba, dan (5) Produk Akhir. Uji validitas produk dilakukan oleh 4 validator yaitu 2 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Uji prakalitas dan efektivitas dilakukan kepada 20 orang siswa kelas VIIIA di SMPN 3 Padang Panjang. Berdasarkan penilaian oleh dua orang validator media bahwa multimedia pembelajaran ini dikategorikan valid untuk digunakan dengan nilai 4 dan 5 pada masing-masing indikator. Selanjutnya, penilaian oleh dua orang validator materi juga dikategorikan valid untuk digunakan dengan nilai 4 dan 5 pada masing masing indikator. Pada hasil uji coba praktikalitas produk multimedia pembelajaran berada pada kategori praktis digunakan dengan rata-rata keseluruhan 4,64. Selanjutnya, uji efektifitas diperoleh thitung = 10,42 sedangkan ttabel dengan df = 20 pada taraf signifikan α 0,05 = 2,093. Maka, dapat diketahui nilai thitung lebih besar dari ttabel ( 10,42 > 2,093 ). Dari hasil yang telah diperoleh maka multimedia pembelajaran berbasis aplikasi focusky sudah valid, praktis dan efektif, sehingga sudah bisa dipergunakan pada mata pelajaran IPA kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia pembelajaran, Aplikasi focusky, Mata pelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 05 May 2025 04:01
Last Modified: 05 May 2025 04:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9937

Actions (login required)

View Item
View Item