Hubungan Antara Kemampuan Tutor yang Mengikuti Pelatihan dengan Kinerja Tutor Pendidikan Kesetaraan Pada PKBM Di Kota Bukittinggi

Andriyani, Ade (2012) Hubungan Antara Kemampuan Tutor yang Mengikuti Pelatihan dengan Kinerja Tutor Pendidikan Kesetaraan Pada PKBM Di Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ADE_ANDRYANI_87974_490_2013.pdf] Text
B1_4_ADE_ANDRYANI_87974_490_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tutor kurang memahami pendekatan pendidikan orang dewasa atau andragogi dikarnakan tutor yang ada pada pendidikan kesetaraan adalah pendidik yang berasal dari latar belakang pendidikan kejuruan dan tutor ini diperlukan mengikuti pelatihan agar dapat meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan pengajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada hubungan antara kemampuan tutor yang mengikut pelatihan dengan kinerja tutor pendidikan kesetaraan pada PKBM. Penelitian ini dalam bentuk korelasional, yaitu melihat hubungan antara kemampuan tutor yang mengikut pelatihan dangan kinerja tutor pada program kesetaraan. Populasi penelitian ini adalah tutor program kesetaraan pada PKBM yang telah mengikuti pelatihan sebanyak 36 orang, dan yang menjadi sampel adalah seluruh populasi dijadikan sampel. Istrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah persentase dan product moment. Berdasarkan temuan peneliti dapat disimpulkan bahwa (1) Pada umumnya keikutsertaan tutor dalam pelatihan pada program kesetaraan pada PKBM sudah diikuti dengan baik. (2) Tutor pada program kesetaraan pada PKBM sudah memiliki kinerja yang cukup baik, (3) Kemampuan tutor yang mengikut pelatihan mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kinerja tutor pada program kesetaraan pada PKBM di Kota Bukittinggi. Sejalan dengan temuan peneliti menyarankan agar (1) tutor pada program kesetaraan di Kota Bukittinggi hendaknya terus meningkatkan lagi mengikuti pelatihan agar dapat lebih terampil dalam pelaksanaan pembelajaran (2) diharapkan kepada tutor setelah mengikuti pelatihan lebih menerapkan hasil pelatihan yang diperoleh dalam proses pembelajaran agar kinerja tutor pada program kesetaraan dapat meningkat sesuai dengan indikator yang diharapkan sebagai tutor, (3) karna terdapatnya hubungan yang berarti antara keikutsertaan pelatihan dengan kinerja tutor hendaknya tutor lebih meningkatkan lagi kinerja yang dimiliki dalam pelaksanaan tugas sebagai tutor.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Tutor, Kinerja Tutor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 05 May 2025 04:01
Last Modified: 05 May 2025 04:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9934

Actions (login required)

View Item
View Item