Siregar, Aisyah Oktavia (2023) Pengembangan Video Interaktif Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_AISYAH_OKTAVIA_SIREGAR_20330001_7365_2023.pdf [thumbnail of B1_01_AISYAH_OKTAVIA_SIREGAR_20330001_7365_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_AISYAH_OKTAVIA_SIREGAR_20330001_7365_2023.pdf
Download (858kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal yang peneliti temukantentang permasalahan dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak, yaitudari perkembangan kemampuan bahasa yang dimiliki oleh beberapa anak masihbelum berkembang optimal, faktanya di lapangan masih terdapat beberapa anakyang kurang menyimak pembelajaran, belum mengetahui beberapa macam hurufdan belum mampu menyampaikan pendapatnya, serta anak belum bisa menulisnamanya sendiri di karenakan media pembelajaran yang dipakai kurang menarikperhatian anak dalam belajar untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak ditaman kanak-kanak. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media Videointeraktif sains untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini. Penelitianini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Developmentmengacu pada model pengembangan Borg and Gall, Gall dengan 9 langkahpenelitian yaitu; 1) asses need to identify goal, 2) conduct instructional analysis,3) analyze learners and context, 4) write performance objective, 5) developassessment instruments, 6) develop instructional strategy, 7) develop and selectinstructional material, 8) design and conduct formative evaluation of instruction,dan 9) revise instruction. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasidan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan validitas Aiken’s V.Hasil validasi media video interaktif sains dinyatakan valid dan sangat layakdigunakan dengan hasil rata-rata Aiken’s V oleh ahli materi sebesar 90,90% danahli media sebesar 94,54%. Hasil efektivitas dengan hasil uji pre-test yaitu51,56% hasil uji post-test yaitu 82,77% dengan menggunakan uji t-test dikatakanbahwa hasil uji post-test lebih baik dari pada uji pre-test sehingga dapatdisimpulkan bahwa media video interaktif sains untuk meningkatkan kemampuanbahasa anak usia dini dinyatakan valid dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Interaktif Sains; Kemampuan Bahasa; Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 07:08 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 07:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/99 |