Pengaruh Metode Membaca Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Petalangan

Razali, Razali (2017) Pengaruh Metode Membaca Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Petalangan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RAZALI 1109785_5638_2017.pdf] Text
B1_01_RAZALI 1109785_5638_2017.pdf

Download (758kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) perbedan hasil belajar membaca siswa yang diajar dengan menggunakan metode SQ3R dengan hasil belajar membaca siswa yang diajar dengan metode konvensional; (2) perbedaan hasil belajar membaca siswa berpengetahuan awal tinggi dan pengetahuan awal rendah yang diajar dengan menggunakan metode SQ3R dan metode konvensioanal; (3) interaksi antara metode pembelajaran dengan pengetahuan awal dalam menentukan hasil belajar membaca. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas XI IPA dan IPS SMA Negeri 1 Bandar Petalangan yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah
masing-masing kelas sebanyak 36, 36, 30 dan 29 orang. Sampel penelitian ini dipilih secara acak. Dari pengacakan diperoleh kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah
Quasy Experiment dengan rancangan penelitian susunan factorial 2x2. Data dikumpulkan melalui tes pengetahuan awal dan tes hasil belajar pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dianalisis dengan uji-t dan anava. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) hasil belajar membaca siswa diajar dengan menggunakan metode SQ3R lebih tinggi dari pada hasil belajar membaca siswa yang diajar dengan metode konvensional, (2) hasil belajar membaca siswa dengan pengetahuan awal tinggi diajar dengan menggunakan metode pembelajaran SQ3R lebih tinggi daripada hasil belajar membaca siswa dengan pengetahuan awal tinggi diajar dengan metode pembelajaran konvensional, (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar membaca siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 05 May 2025 03:33
Last Modified: 05 May 2025 03:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9896

Actions (login required)

View Item
View Item