Penerapan Standar Operasional Prosedur Romantice Dinner di Ken-Yang Restoran Da Vienna Boutique Hotel Batam

Efendi, Arisman (2018) Penerapan Standar Operasional Prosedur Romantice Dinner di Ken-Yang Restoran Da Vienna Boutique Hotel Batam. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_ARISMAN_EFENDI_16215006_3994_2018.pdf] Text
B1_04_ARISMAN_EFENDI_16215006_3994_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penulisan ini berawal dari pengamatan penulis terhadap penerapan standar operasional prosedur romantice dinner di Ken-Yang Restoran Da Vienna Boutique Hotel Batam masih kurang baik, karena masih terjadinya kesalahan dalam Penerapan Standar Operasional Prosedur Romantice Dinner Di Restoran Da Vienna Boutique Hotel Batam. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah deskriptif data kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penulisan ini adalah data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi di Ken-Yang Restoran Da Vienna Boutique Hotel Batam pada tanggal 26 Desember 2017 s/d 26 April 2018. Sumber data adalah 1 orang supervisor, 1 orang captain restoran dan 4 orang waiter. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penulisan proyek akhir menunjukan bahwa secara umum penerapan standar romantice dinner sudah dilakukan dengan baik, namun belum sepenuhnya berjalan dengan sesuai dengan prosedur. 1) Menyiapkan segala kelengkapan romantice dinner seperti lilin, hiasan bunga di meja mkan selalu diterapkan oleh waiter. 2) Menyiapkan alunan musik yang sesuai dengan romantice dinner selalu diterapkan oleh waiter. 3 memeriksa tamu reservasi dan perlengkapan selalu diterapkan oleh waiter. 4) Menyambut tamu reservasi dan mengucapkan salam sudah diterpakan oleh waiter. 5) Mengantarkan tamu ke meja dan mempersilahkan duduk sudah diterapkan oleh waiter. 6) Menuangkan air air minum kepada tamu sudah diterapkan oleh waiter. 7) Memberikan roti atau terupuk sudah dilakukan oleh waiter dengan baik dan benar. 8) Penerapan dalam menyajikan minuman wine atau jus sudah diterapkan oleh waiter. 9) Mengantarkan hidangan sesuai dengan urutan hidangan makan tidak telaksana dengan baik. Masih ada 2 dari 4 orang waiter melakukan kesalahan pada saat mengantarkan makanan yang tidak sesuai dengan urutan hidangan makan. 10) Berdiri di area dekat tamu dan memperhatikan gerak-gerik tamu yang sedang bersantap 3 dari 4 orang waiter tidak melakukan dengan baik dan benar. 11) Membersihakan remah-remah di meja dan piring kotor yang sudah selesai. asih ada 2 dari 4 orang waiter tidak terlaksana dengan baik dan benar. 12) Memberikan bill dan menyelesaikan tagihan tamu sudah diterapkan oleh waiter. 13) Harus di ingatkan kepada tamu barang kali ada barang yang tertinggal. Masih ada 1 dari 4 orang waiter belum menerapkan dengan baik dan benar . 14) mengucapkan terimakasih kepada tamu sudah dilakukan oleh waiter dengan baik dan benar

Item Type: Thesis (Diploma/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Romantice Dinner,Ken-Yang Restoran
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 05 May 2025 03:32
Last Modified: 05 May 2025 03:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9892

Actions (login required)

View Item
View Item